Rabu, 02 Maret 2016

Pola Hidup Sehat Menurut Islam

Hidup sehat adalah salah satu cara hidup yang memungkinkan seseorang bisa menjalani hidupnya dengan lebih sehat dan bahagia. Memiliki tubuh yang sehat dan bahagia tentunya bisa memperpanjang usia. Memang usia Tuhan telah tentukan, akan tetapi pilihan meninggal dengan kondisi badan yang sehat dan tak merepotkan tentu jauh lebih menyenangkan daripada meninggal dalam kondisi tersiksa karena sakit yang menahun, bukan? Maka dari itu, bagi anda umat Muslim menerapkan cara hidup sehat menurut Islam adalah salah satu cara yang wajib anda lakukan. Namun ini tak berarti warga non muslim tak boleh turut menerapkan pola hidup sehat ini. Karena hidup sehat dan bahagia adalah mutlak bagi seluruh umat manusia.
Berikut adalah cara hidup sehat ala Rasulullah yang bisa anda coba :
1. Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan.
Cara Hidup Sehat Menurut Islam yang dijalani oleh Nabi Allah yang terakhir ini sungguh bisa dijadikan teladan bagi umat zaman sekarang. Salah satu cara hidup sehatnya adalah Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan. Nyatanya hal itu terbukti menyehatkan secara ilmiah.
2. Rasulullah Duduk ketika hendak minum
Apabila merasa haus Rasulullah biasa meminum air dengan duduk terlebih dahulu. Ternyata cara ini juga terbukti menyehatkan secara ilmiah dimana ketika kita meminum air dengan posisi masih berdiri akan ada katup yang belum siap menerima tekanan air dan ketika duduk katup itu terbuka dan siap menerima air. Maka dari itu, mulailah biasakan diri anda untuk duduk terlebih dahulu saat minum agar lebih sehat.
3. Rasulullah makan dengan tangan kanan
Ternyata makan dengan tangan kanan bukan hanya sekedar tradisi tetapi juga menurut sebuah penelitian ini juga salah satu gaya hidup yang sehat. Saat anda makan menggunakan tangan kanan maka yang aktif adalah otak kiri dimana sifat otak kiri ini selalu teratur, dan tetap berpikir. Namun apabila makan menggunakan tangan kiri maka yang aktif adalah otak kanan yang memiliki sifat imajinasi dan acak. Jadi bisa disimpulkan makan dengan tangan kiri dianggap kurang cocok menurut sebuah penelitian, karena bisa membuat pikiran menjadi tidak fokus.
 
4. Rasulullah S.A.W. cepat tidur dan cepat bangun.
Setelah tiba waktunya tidur, maka secepatnya Rasulullah SAW akan cepat tidur. Jadi tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah seusai istirahat setelah shalat Isya, atau kurang lebih pukul 21.30. Setelah itu, kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk shalat malam. Jadi dengan demikian waktu yang digunakan untuk tidur adalah kurang dari delapan jam. Di dalam konteks ini, adanya penggunaan waktu 24 jam dalam satu hari satu malam jadi seperti berikut : sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah kepada Allah, dan sepertiga lagi adalah untuk tidur yang cukup. Nah tentu saja, perbandingan ini tidaklah kaku, namun tentu saja dalam pengertian dalam keseimbangan.
5. Rasulullah sering berpuasa
Yang terakhir ini sudah dibuktikan khasiat dan manfaatnya oleh banyak penelitian. Menurut sebuah penelitian berpuasa adalah sebuah metode ampuh untuk menahan diri. Hal ini merupakan sebuah cara sehat yang belum diketahui orang-orang zaman sekarang.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar